Wednesday, August 15, 2012

ATaP

Judulnya jiplak banget ya kek judul novel karya Fira Basuki. Biarin dah. Syapa tau kerennya bisa sama. Hahaha..
Centil2 gini, gue punya hasrat lebih dalam hal panjat memanjat. Dari kecil uda jadi kebiasaan. Gimana ya, gue pemalu anaknya (percayakah Anda?^^) cuma ya tetep pecicilan. Gimana donk ngomongnya. Ah, pokoknya gitu dah. Di halaman rumah gue yang dulu kan banyak pohonnya ya, jambu aer, jambu biji, rambutan, mangga, markisa, eh, yang ini ga bisa gue panjatin ding, pokoknya kek taman buah Mekar Sari deh. Maksa bangget ya.^^ Nah, tiap hari, ga peduli pagi, siang, sore, sampe malem, uda eksis bertengger deh tu di pohon jambu biji kesayangan gue. Enak banget baca sambil nangkring diatas. Silir2. Bisa juga loh gue mam di atas. Baru sekarang gue kepikiran, gimana ya dulunya gue naek atas pohon sambil bawa piring. Hahhaha.. Cuma yang berhubungan dengan kamar mandi aja yang ga bisa gue lakuin diatas pohon. Laennya mah, bisa2 ajah. Hihii..
Tapi tu pohon nyebelin juga kadang2. Daonnya jatoh mulu. Tiap sore gue kebagian tugas nyapu halaman. Aje gile, empet banget gue. Uda gue sapu, jatoh lagi, gugur lagi, uda gue kumpulin, terbang ketiup angin lagi. Di keluarga gue kan ga kenal yang namanya asisten rumah tangga. Kata mak gue, Ibu masih bisa ngelakuin semua sendiri. Markotop banget deh mak gue. Tapi kangen juga siy gue, rumah gue yang sekarang gersang, ga ada halamannya. Eitz, tetep bersyukur syukur syukur.^^
Balik lagi ke acara manjat2 memanjat. Bapak gue nyadar kalo anak ceweknya demen manjat2, makanya Bapak selalu ngajak gue kalo bersihin genteng. Hmm.. Padahal kan ada adek gue ya. Tau tuh, kerenan gue kali.^^
Hasrat gue sedikit tersalurkan pas sekolah. Gue ikut donk tu jadi pecinta alam, GACILA (Garuda Pecinta Alam). Ikutan wall climbing juga gue. Walopun ga handal2 banget. Tapi mayan lah, bisa nyampe top gue, dengan catatan wall yang biasa2 aja, ga ada variasi yang lebay2nya. Tapi malez ikut latihan gue. Ga ada minat. Masalahnya tangan gue jadi sakit plus kapalan. Oh nooooo... Kalo mendaki mah masih eksis gue. Tiap ada acara pasti ikutan. Pernah tu, pertama kalinya gue ikutan mendaki, cewek sendiri donk dari kedua-belas pria. Dipanggil putri salju gue. Tapi gara2 itu, jadi dikenal senior2 gue. Aheeeuy.. Kalo masalah mendaki, gue semangat '43. Tapi kalo turun, aduh, gue jiper abis deh. Sebenernya gue takut ketinggian. Temen2 gue pada lari kan tu pas turunan. Gue duduk perosotan aja, eh, nyampe bawah sendiri. Pembimbing gue yang ngakak ga brenti2. Ya abis gimana donk, daripada gue bontot sendiri, lagian kalo gue nekat lari, bisa2 nyemplung jurang deh, kaki gue ga ada cakram2nya blas. Hehehe..
Kalo jaman kuliah, kostan gue yang di Dipati Ukur kan ada lotengnya ya. Tiap sore, abis cape2, sebel2 kuliah, gue selalu nangkring diatapnya. Sok titisan dewa, ngajak ngomong awan. Curhat kalo gue kangen sama Ibu, Bapak, Mandhung. Penuh tangisan pilu deh. Ya abis gimana ya, biasa anak mama, jadi anak kostan, ya mayan  syok gue. Geloo pisan ya gue. Bodo deh. Yang penting asyik.
Kalo sekarang gue disuruh manjat, oh, no. Uda ga bisa gue. Alasannya sekarang gue ga pernah manjat2, kedua, badan gue uda kek karung beras gini, jadinya ga selincah dulu, ketiga, umur uda tuwir, aje gile, masa iya 23 taon manjat2 gitu, tengsin donk, yang keempat, ga ada lagi tempat untuk menyalurkan hasrat.^^
Eh, pernah ding, kemaren. Gue sama Ibu sama Tepin kan nyari belimbing wuluh ya. Kebetulan ada tu pohonnya. Gue oprak2 pake kayu pada jatuh, pada bonyok, pada kotor. Terus si Ibu parah banget, nyuruh gue manjat. Nekat manjat donk gue. Si Tepin yang melongo aja liatin gue. Uda dapet banyak kan tu, tiba gue mo turun, takut gue. Merosot loncat gue. Dan akhirnya, tangan gue perih plus panas. Ga lagi2 manjat2 deh gue. Tar aja kalo badan gue uda selincah dulu. Hehhe..

2 comments:

  1. wah bisa jadi pemanjat pohon kelapa nih. itu profesi lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihii.. serem ah mba kalo kelapa. lurus gitu batangnya, ga ada bengkok2nya.^^

      Delete